Rabu, 13 Maret 2013

Mengenal IDE Delphi


Bahasa pemrograman Delphi adalah salah satu bahasa pemrograman visual yang saat ini banyak sekali di gunakan, baik oleh kalangan mahasiswa maupun umum. Delphi tentunya sangat menarik untuk dicoba dan dipelajari. Selain itu dapat juga di jadikan sebagai referensi pada sebuah aplikasi. Seperti, melengkapi aplikasi yang sudah ada sehingga tampilan aplikasi pun lebih menarik dan istemewa.

Pengenalan IDE Delphi ini di tujukan bagi para pemula yang belum mengenal bahasa pemrograman Delphi dan IDE (lingkungannya). Bagi yang sudah mengenal bahasa pemrograman Delphi, Lingkungan delphi ini tentunya tidak asing lagi.
IDE (Integrated Development Environment) adalah bagian dari delphi yang digunakan untuk menciptakan aplikasi. IDE inilah yang memungkinkan pemrograman secara visual merancang tampilan untuk para user (antarmuka pemakai) dan menuliskan listing program (kode).
Untuk lebih jelasnya, berikut ini bagian IDE yang terdapat dalam pemrograman Visual Delphi disertai fungsi-fungsi dari IDE tersebut.
Gambar tersebut merupakan contoh proyek aplikasi pada Delphi 7 di mana ditunjukkan suatu lingkungan IDE dalam pemrograman Delphi 7, yang terdiri dari beberapa bagian-bagian. Setiap bagiannya memiliki komponen-komponen dan fungsi-fungsi tertentu, di antaranya sebagai berikut : MenuBarToolBar/SpeedBar, Component PaletteJendela FormJendela Unit,Object TreeView, dan Object Inspector.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar